Cari Bersama Mbah Google Disini

Sabtu, 30 Januari 2010

Menggabungkan 2 Modem ADSL

Dah lama ga posting2 di blog ternyata kangen juga ya buat ngeblog. ni ada sdikit ilmu yang mungkin berguna bagi yang belum tau.. tapi kalau yang sudah tau mohon jangan ejek postingan saya ini.. maklum.. postingan seorang newbie ya kaya gini.. Dan postingan ini saya Fokuskan Untuk Warnet.
ini saya akan sedikit membagi ilmu tentang bagaimana menggabungkan 2 Modem ADSL kususnya Speedy [karena saya baru praktek pake speedy] ke dalam satu HUB tanpa ada alat bantu ang macem [sepert: mikrotik, server, dan lain2] disini akan aku sharing cara sederhananya.sempat ada teman saya yang tanya "bagaimana si menggabungkan 2 speedy menjadi satu"
berikut gambar perkiraan nya....,,,,,,

[ Klik gambar untuk memperbesar]

akan saya coba uraikan dari pertama. berikut langkah langkahnya..

1. Mengganti Gateway Modem
Untuk menggabungkan 2 modem ini di perlukan Gateway Modem yang berbeda. Biasanya Modem yang baru beli masih defaultnya pabrik. untuk itu silahkan masuk ke dalam setingan modem.. dan ganti salah satu gatewaynya. supaya tidak terjadi kress pas di gabungin nanti. untuk login ke modem kalau masih stelan pabrik biasanya username = admin dan pass= admin.
saya ambil contoh modem 1 gateway nya= 192.168.2.1 dan modem 1 nya lagi= 192.168.2.2 itu hanya sebagai pembeda saja. silahkan bisa di variasi sesuka anda.

2. Seting IP Komputer
Seting Ip komputer Billing sama klient tentu saja beda. untuk menggabungkan cukup add gateway pada komputer biling. berikut langkah nya

a. masuk ke Start-seting- Network Conection

b. Klik kanan pada Local Area Conection- masuk ke Internet Protocol [ TCP/IP]- lalu tekan propertis. silahkan smuanya di isi. di karenakan saya menggunakan speedy.. maka berikut contoh gambar nya. [JANGAN TEKAN OK DULU.. BACA LANGKAH SELANJUTNYA]
Gambar untuk seting Ip Billing [ Klik gamabr untuk memperbesar]

c. Menambah Gateway pada Komputer Billing
Setelah anda masuk ke seting Local Area Conection tadi silahkan anda Klik pada Tombol Advanced- masuk ke tab IP Seting. trus lihat ke bagian Add Gateway. Klik Tombol Add nya. trus isi dengan IP yang satunya. misalkan IP di komputer tadi 192.168.2.1, maka Isi dengan yang satunya yaitu 192.168.2.2. kemudian klik tombol add. trus OK.
untuk lebih jelasnya Lihat gamabr di bawah ini

Gambar 1


Gambar 2


Gambar 3


Selesai Sudah Untuk Pengaturan Komputer Biling nya.
sekarang lanjut untuk seting IP Klient.
Untuk seting Ip Kliet letak perbedaan hanya Gateway modem nya. Misalkan ada 10 Unit komputer, maka kita bagi menjadi 2. 5 komputer kita ikutkan pada gateway modem 192.168.2.1 dan 5 lagi kita ikutkan gateway yang 192.168.2.2. Untuk langkah utamanya masih sama. masuk ke start-seting-network conection- masuk ke Local Area Conection- Klik kanan Propertis. isikan Ip nya . misalkan IP klient no 1- 5= 192.168.2.101 - 192.168.2.105, kemudian IP klient no 6-10 = 192.168.2.110
berikut contoh gambarnya
Gambar Seting IP Klient. [Klik Gambar Untuk memperbesar]

Selesai sudah seting keduanya. jadi pada intinya Masing masing komputer klient akan menarik koneksi dari amsing2 modem sesuai yang di isi gateway tadi.
Bagi yang masih bingung Silahkan Tinggal Komentar di bawah. insya allah akan saya replay.
terus terang sangat susah bagi saya untuk mengatur kata2 nya... jadi mohon maaf bila ada kata2 yang kliru. tapi intinya seperti itu.
mudah2an berguna bagi anda yang belum mengetahui ini.

37 komentar:

Anonim mengatakan...

gimana cara agar donwload cepat mas 1+1= jadi 2 mas bisa engk mas

Anonim mengatakan...

mas,,ni settingan tuk 2 line speedy y????
kalo cmn 1 speedy trus mw d pakein tuk 2 modem bisa ngak mas????
kalo bs settingannya gmn mas,,

makasi bnyak tuk infonya y mas^^

aaaaaaaaaaaa mengatakan...

mas klow IP /20 toh IP adress nya beraph yh?
trus sapnetmast nya berapa?

Ardian mengatakan...

mas, saya pakai 2 modem 2 line tapi gateway modem 1 dan 2 sama : 192.168.1.1. cara ganti gatewaynya di modem bagaimana?

Ardian mengatakan...

mas, saya punya 2 modem dengan 2 line tapi keduanya punya gateway sama :192.168.2.1. bgm cara rubah gatewaynya di settingan modem?

Agus™ Rudy™ mengatakan...

LAN@ tinggal masuk ke menu modem nya saja..ntar di interface setup trus setingan LAN bakalan muncul gateway modem nya

Download Musics mengatakan...

nice info pak boss..

Lowongan Kerja | HHRMA Bali mengatakan...

makasi om. pengetahuan jadi bertambah ni.

Unknown mengatakan...

makasi ya ....
tips nya cukup aku ka..

Anonim mengatakan...

om ..... ini kan pada intinya bukan menggabungkan 2 speed modem jadi 1 ... tapi buat 2 koneksi dalan 1 jaringan local .....jadi speed nya ... nggk kan bertambah ... ????

Agus™ Rudy™ mengatakan...

betul mas. ini cuma menggabungkan 2 koneksi dalam satu jaringan aja. bukan load balancing hingga jadi bertambah spednya. matur nuwun...

Anonim mengatakan...

ok matur nuwun juga maz ....meskipun bkan load balancing .. tapi ni tetep sbuah ilmu baru ...jadi patut d hargai ... jempol dech ... !!!!

Agus™ Rudy™ mengatakan...

seep. trima kasih.

Anonim mengatakan...

boss sy ko msih blm donk....jadi bisa ya modem 2 buat 1online?/

Anonim mengatakan...

saya mau tanya jaringan wirelesnya bisa di sharing juga ke modem yang ke 2 mas?

Unknown mengatakan...

gan ane pux modem dari speedy adn saya pux lagi modem GSM saya gabungin jadi satu dengan TP-LINK TL-MR3420 3G/EVDO Mobile Wireless Router biza't.... saya 5u gabungin bandwidth dari speedy dengan modem GSM kira" biza't gan tolng di bantu y gan.....

Joko Temangggung mengatakan...

@july arief, maksudnya biar bandwitcnya nyatu gitu? kalo bandwitch nyatu kayaknya ndak bisa to.. kalo 2 koneksi itu mau di satuin dalam jaringan, contoh HUB, Switch, itu bisa..

Anonim mengatakan...

kenapa modem satunya menjadi lalot

Anonim mengatakan...

aduhh.. modemm iku opo yo.. lan iku opo?..tplink iku opo.. speed balance iku opo... bingung... bingung... mana obat... obat...

elhadiry mengatakan...

Itu klo pake koneksi statis ya mas. Trus kmn klo misal client menggunakan ip dinamis/pake DHCP dari server billing. Soalnya billing ane pake DHcp nih, klo dirubah ke statis ntar ribet jadinya ...

Agus™ Rudy™ mengatakan...

@elhadiry : iya mas. itu make IP Static. kalo dhcp saya belum tau.. soalnya kebanyakan client akan mencari gateway paling rendah. biling masa pake dhcp.. berarti kemungkinan besar tiap hari berubah ubah ya.. repot ga tuh ??

Anonim mengatakan...

maaf saya mau nanya klo misalnya kyak gni gmna setingnya

line-----------------------modem biasa--------------Hub--------------- komputer
\________ Modem Wifi
maksudnya sih biar bisa wifi-an

klo pke modem wifi gx jdi soalnya plug-in linenya rusak tapi klo plug in RJ-45nya masih jadi
klo kyak gitu bisa gx

Agus™ Rudy™ mengatakan...

Berarti wifi nya tarik kabel yg pake rj 45. Colokin ke hub. Nanti komputer/laptop tinggal gateway nya samain sama ip modem. Atau bisa juga di dhcp. Monggo di coba.

Unknown mengatakan...

mas maunanya nich, saya dirumah pake speedy rumah saya dan ortu jauhan, sy pake 1 line speedy 2 modem (jadi no speedy pake 2 jalur kabel) tapi masalahnya koneksinya gak bisa barengan harus salahsatu modem di off, sy ingin tanya bagaimana supaya dua-duanya modem bisa koneksi, makasih banyak

Anonim mengatakan...

ok mas makasih banyak nih
thanks

Agus™ Rudy™ mengatakan...

Coba sya minta topologinya seperti apa ?? Itu 2 modem masuk hub smua atau G[a ]k? Kalo masuk hub tinGgal baca topologi seperti yg saya tulis di atas. Ip modem di bedain
Contoh: modem 1-192.168.1.1
Modem 2-192.168.1.2
Begitukah??

Anonim mengatakan...

mass saya sudah coba tapi kok belom brasil ya...

Anonim mengatakan...

bang topologi di atas pc billing y 1 lan card apa 2 lan card ?

Agus™ Rudy™ mengatakan...

anonim@ belum berhasilnya gmana ?? emang topologinya sampean gmana ??
anonim lagi @ topologi di atas biling tetep 1 lan. jadi untuk smua modem masuk nya ke hub. itu cuma cara sederhana.. supaya 2 modem bisa konek ga chrash antara modem 1 dengan yang 1 nya

Anonim mengatakan...

om, numpang tanya dhcp di interface setup lan modemnya di biarin enable ato di disable ya..?

Unknown mengatakan...

maaf gan.. topologi ini bisa untuk sharing gak dari client yang menggunakan modem 1 ke client yang menggunakan modem 2..

Unknown mengatakan...

maaf gan.. untuk topologi agan nantinya bisa sharing gak dari client modem 1 ke client modem 2..??
maaf gan ditunggu balasannya.
kebetulan di kantor kecil ane pake 2 speedy gold dengan IP static.

Agus™ Rudy™ mengatakan...

@jamsari Cpm Bisa Gan.. disini saya juga menggunakan 3 modem. 21 PC. dan semuanya bisa sharing.
yang perlu di ingat. antara modem 1 dengan 1 nya jangan sampai IP nya sama. agar tidak terjadi crash.

Agus™ Rudy™ mengatakan...

anonim@ sampean pake provider apa ?? kalau saya pake telkom speedy. jadi karena speedy masih dinamis. maka di saya DHCP nya enable

Unknown mengatakan...

1x lg maaf gan, terima ksih infonya..
untuk setting modemnya cuma diubah Gateway-nya aja gan?
untuk DHCP enable apa disable? apa enable semua 2 modem tersebut?
ane pake speedy IP Static semua, 2 modem 10 PC. berarti setingannya 5 PC untuk modem 1 (192.168.1.1) dan 5 PC untuk modem 2 (192.168.1.2). begitukah gan topologinya.
1x lg mohon maaf gan ditunggu balasannya. Bravo. terus berkarya

Nuansa Kota mengatakan...

Info Bagus ini Pak

masmimow mengatakan...

mas ada alatnya gak yang 2 sampai 3 modem gsm di compar jadi satu akses internet.. (gabungin beberapa modem jadi satu)

Posting Komentar

- - = =Copyright © Juli 2006, SMK SWADAYA Temanggung | Designed by AGUS RUDY = = - -
- - = = ALUMNI SMK SWADAYA TEMANGGUNG TAHUN 2005/2006 = = - -
- - = = Jalan Gilingsari No. 02 Temanggung, 56213 Telp [0293]492338 = = - -
--=== T E M A N G G U N G B E R S E N Y U M ==--
--> Template by : kendhin x-template.blogspot.com